Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Aljabar Di Kelas VII MTs Al-Washliyah Kolam T.P 2017 / 2018

Zulfahrani, Dwi (2018) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Aljabar Di Kelas VII MTs Al-Washliyah Kolam T.P 2017 / 2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dwi Zulfahrani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model make a match,(2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model NHT, (3) ada atau tidak adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan Make a Match dan Numbered Heads Together di MTs Al-Washliyah Kolam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis diferensial (mencari rata-rata, standar deviasi, uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis). Populasi adalah seluruh kelas VII MTs Al-Washliyah Kolam yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 143 siswa, dan yang dijadikan sampel yaitu 2 kelas yakni kelas VII-B sebagai kelas eksperimen I yang diajar dengan model make a matcth dan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan model NHT dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah 36 siswa dan total sampel keseluruhan adalah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil temuan ini menunjukkan: (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen I memperoleh nilai rata-rata 75,500, (2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen II memperoleh nilai rata-rata 64,33, (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model make a macth lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model NHT di kelas VII MTs Al-Washliyah Kolam T.P 2017/2018. Hal ini sesuai dengan perhitungan statistik yang diperoleh dengan t_hitung>t_tabel atau 2,021>1,994. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perpedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model make a macth lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model NHT di kelas VII MTs Al-Washliyah Kolam T.P 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model make a match,(2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model NHT, (3) ada atau tidak adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan Make a Match dan Numbered Heads Together di MTs Al-Washliyah Kolam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis diferensial (mencari rata-rata, standar deviasi, uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis). Populasi adalah seluruh kelas VII MTs Al-Washliyah Kolam yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 143 siswa, dan yang dijadikan sampel yaitu 2 kelas yakni kelas VII-B sebagai kelas eksperimen I yang diajar dengan model make a matcth dan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan model NHT dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah 36 siswa dan total sampel keseluruhan adalah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil temuan ini menunjukkan: (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen I memperoleh nilai rata-rata 75,500, (2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen II memperoleh nilai rata-rata 64,33, (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model make a macth lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model NHT di kelas VII MTs Al-Washliyah Kolam T.P 2017/2018. Hal ini sesuai dengan perhitungan statistik yang diperoleh dengan t_hitung>t_tabel atau 2,021>1,994. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perpedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model make a macth lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model NHT di kelas VII MTs Al-Washliyah Kolam T.P 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:28
Last Modified: 01 Mar 2019 07:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item