تطبيق الهدية و العقاب في تعليم اللغة العربية لدى تلاميذ الصف الرابع بالمدرسة الابتدائية الحكومية بادانج توالانج و دلالته بدوافع التلاميذ

Aini, Nur (2018) تطبيق الهدية و العقاب في تعليم اللغة العربية لدى تلاميذ الصف الرابع بالمدرسة الابتدائية الحكومية بادانج توالانج و دلالته بدوافع التلاميذ. Skripsi thesis, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
cover.pdf - Accepted Version

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan reward dan punishmant pada pembelajaran bahasa arab kelas IV di MIN Padang Tualang implikasinya terhadap motivasi belajar siswa, Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi karya tulis ilmiah yang mampu memperkaya wawasan tentang pembelajaran bahasa arab khususnya wawasan bagi Guru untuk memilih metode mengajar yang tepat, terutama menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan mengambil Lokasi di MIN Padang Tualang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis data deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya seorang guru harus menerapkan dua methode dalam mengajarkan bahasa arab yaitu methode reward dan punishment. Adapun methode penerapan hadiah atau reward terbagi kepada beberapa bagian nyaitu metode reward sosial (memberikan pujian), reward aktifitas (memberikan permainan, seperti outboon), dan reward simbolik (berupa matrial, seperti buku, pulpen, permen), dengan menerapkan metode ini peserta didik menjadi semangat dalam belajar, dapat menjawab soal bahasa arab serta senang mendapat hadiyah, 2) metode punishmant terdapat dua bagian yaitu punishman preventif dan punishment Represif, maksud dari penerpan punishmant preventif adalah bermaksud untuk mencegah jangan sampai terjadi pelanggaran sehingga punishment dilakukan sebelum peserta didik melakukan pelanggaran, sedangkan penerapan punishmant Represif dilakukan karena adanya pelanggaran, karena adanya pelanggaran yang telah diperbuat. Jadi, punishment (hukuman) ini dilakukan setelah terjadi pelanggaran atau kesalahan, metode punishmen yang diterapkan dapat membuat peserta didik menjadi lebih disiplin, mematuhi tata tertib yang telah ditetapkan, kemudian peserta didik dapat mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) sehingga proses belajar mengajar menjadi baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: nadiah sifa daulay
Date Deposited: 11 Dec 2018 01:54
Last Modified: 09 Jul 2019 08:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4847

Actions (login required)

View Item View Item