Analisis Penerapaan E-Filing Sebagai Upaya Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Spt Tahunan Serta Meningkatkan Penerimaan Negara Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia

Harahap, Saidatul Abrosiah (2018) Analisis Penerapaan E-Filing Sebagai Upaya Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Spt Tahunan Serta Meningkatkan Penerimaan Negara Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (COVER)
cover Rosi Hrp.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Rosi Hrp.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Rosi Hrp.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II Rosi Hrp.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III Rosi Hrp.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV Rosi Hrp.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V Rosi Hrp.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Rosi Hrp.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview

Abstract

Abstrak Analisis Penerapaan E-Filing Sebagai Upaya Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Penyampaian Spt Tahunan Serta Meningkatkan Penerimaan Negara Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia Nama : Saidatul Abrosiah Harahap Jurusan : Akuntansi Syariah Penggunaan E-filing di sumatera utara relatif rendah walaupun realisasinya sudah mencapai target yang diberikan direktorat jendral pajak. Sesuai dengan Peraturan Jendral Pajak PER-1/PJ/2014, e-filing merupakan suatu cara penyampaian surat pemberitahuan tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website direktorat jendral pajak (www.pajak.go.id) atau penyedia jasa aplikasi atau Application Service Provider (ASP). tujuan dari adanya program e-filing adalah membantu wajib pajak menyediakan fasilitas penyampaian surat pemberitahuan tahunan secara elektronik ( via internet) dengan mudah, cepat, aman, kapan saja, dan dimana saja agar mendorong wajib pajak untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian yaitu Kepala Seksi Pengolahan Data Dan Informasi KPP Pratama Medan Polonia sebagai informan kunci. Sementara itu, pegawai pajak (Account Representative) KPP Pratama Medan Polonia merupakan informan utama penelitian dan Wajib Pajak sebagai informan tambahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2016 e-filing terlaksana dengan baik. E-filing memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan perpajakan yaitu penggunaanya sudah disesuaikan dengan smarphone. Oleh karenanya, sebaiknya program ini tetap dilanjutkan dan perlu diperluas cakupannya serta harus pemeliharaan bersama. Akan tetapi, dalam hal kepatuhan wajib pajak yaitu penyampaian surat pemberitahuan tahunan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Medan Polonia penerapan e-filing sudah dirasakan oleh Wajib Pajak tapi masih sedikit. Hal tersebut dikarenakan masih banyak wajib pajak yang belum paham internet. Kata kunci : e-filing, pajak modrenisasi, kepatuhan wajib pajak, penerimaan negara

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: hidayatullah giawa
Date Deposited: 13 Dec 2018 04:04
Last Modified: 19 Jun 2019 08:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item View Item