Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa Di SD IT Nur Ihsan Medan

Dewi, Amanah Kesuma (2018) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa Di SD IT Nur Ihsan Medan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Image (Sampul)
Cover.pdf - Accepted Version

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (365kB) | Preview

Abstract

Abstrak Kata Kunci : Pendidikan Karakter dan Kecerdasan Emosional Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam membina kecerdasan emosional siswa di SD IT Nur Ihsan Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik yang dinyatakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, dan teori. Temuan penelitian ini menunjukkan: Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa di SD IT Nur Ihsan Medan dapat ditemukan bahwa: (1) Kepedulian sosial melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Berbagi Makanan, dan (b) Menyalami Guru Ketika Berpapasan; (2) Kesadaran Diri melalui beberapa kegiatan pembiasan sebagai berikut: (a) Petugas Shalat Berjamaah, dan (b) Merapikan Koridor Setelah Makan Bersama; dan (3) Kecerdasan Spritual melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Infaq Jum’at, (b) Membiasakan Berdo’a, dan (c) Shalat Dzuhur Berjamaah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter dan Kecerdasan Emosional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: fitri ramadani
Date Deposited: 06 Dec 2018 10:21
Last Modified: 26 Jun 2019 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4617

Actions (login required)

View Item View Item