Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Kelas VII MTs Swasta Islamiyah Tanjung Kasau

Lestari, Ayu (2018) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Kelas VII MTs Swasta Islamiyah Tanjung Kasau. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi statistika di kelas VII MTs Swasta Islamiyah Tanjung Kasau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 3 kelas. Sedangkan yang dijadikan sampel 2 kelas yaitu kelas VII-A yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-B yang berjumlah 32 siswa. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika adalah tes yang berbentuk soal uraian yang sudah divalidasikan berjumlah 5 soal, reliabilitas 0,702 dengan tingkat reliabilitas tinggi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensi. Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajar strategi kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi statistika; (2) Hasil belajar siswa berkemampuan penalaran induktif maupun berkemampuan deduktif yang diajar dengan strategi kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi statistika. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang berkemampuan penalaran induktif maupun deduktif lebih sesuai diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw daripada strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 15 Sep 2018 08:06
Last Modified: 15 Sep 2018 08:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4289

Actions (login required)

View Item View Item