Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Di Kelas VC MIN Sinembah Kecamatan Tanjung Morawa Deli Serdang Tahun Pelajaran 2017-2018

Armayani, Suri (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Di Kelas VC MIN Sinembah Kecamatan Tanjung Morawa Deli Serdang Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SURI ARMAYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebelum dan sesudah menggunakan model pebelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II siklus dan untuk setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran PKn materi Kebebasan Berorganisasi. Penelitian ini dilakukan di MIN Sinembah Kecamatan Tanjung Morawa. Dan subjek dari peneliatian ini adalah siswa/i kelas Vc dengan jumlah 19 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebeleum tindakan hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 64,41 atau 21% tingakat keberhasilannya. Setelah diterapkannya model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siklus 1 hasil belajar PKn siswa memiliki nilai rata-rata 70,52 atau 52,6% tingkat keberhasilan siswa. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,16 atau 83,21% tingkat keberhasilan para siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:46
Last Modified: 19 Jul 2019 03:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4229

Actions (login required)

View Item View Item