Rambe, Hamzah Salim (2017) Hubungan intensitas penggunaan internet dengan prestasi belajar siswa kelas viii pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di mts n Lubuk Pakam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSIHAMZAH.pdf - Submitted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana intensitas penggunaan internet, prestasi belajar siswa dan hubungan intensitas penggunaan internet dengan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs N Lubuk Pakam yaitu sebanyak 277 siswa. Kemuadian diambil sampel sebanyak 73 siswa berdasarkan rumus Taroyamane atau Slovin. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah intensitas penggunaan internet dan prestasi belajar sebagai variable terikat. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket dan tes. Sebelum melakukan analisis data, maka terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi: uji normalitas data dan uji linearitas. Validitas instrument penelitian dihitung menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpa Chronbanch. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan data diperoleh rata-rata intensitas penggunaan internet sebesar 69,47 dengan simpangan baku sebesar 10,87 dan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 65,3 dengan simpangan baku sebesar 14,16. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan intensitas penggunaan internet dengan prestasi belajar siswa dengan nilai korelasi (rhitung) sebesar 0,539 dengan rtabel sebesar 0,361 , koefisien determinasi sebesar 29,05%, nilai thitung sebesar 6,732 dengan ttabel 1,993.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 08:03 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 08:01 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3333 |
Actions (login required)
View Item |