Siregar, Hafsah Dahni Rahmayani (2024) The Effect of Group Guidance Services Through Homeroom Techniques in Improving Self Esteemfor Students in Madrasah. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8 (2). pp. 3742-3746. ISSN 2580-0469
Full text not available from this repository.Abstract
Harga diri (self-esteem) adalah sikap seseorang terhadap pandangan dan keyakinan tentang dirinya sendiri, termasuk menerima segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, serta selalu menghargai dan melihat diri sendiri secara positif tanpa merasa kecewa terhadap apa yang dilakukan. Perilaku positif ke diri sendiri ini dapat menciptakan perasaan bahwa seseorang memiliki nilai dan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik homeroomdalam meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa di madrasah. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan rancangan pre-eksperimentaldan desain one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini terdiri dari dua kelas siswa kelas VIII di MTs S Zakiyun Najah, dengan total 31 siswa. Dari populasi tersebut, diambil sampel sebanyak 8 siswa yang punya tingkat harga diri (self-esteem) rendah, menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen non-tes berupa angket. Analisis data dilakukan dengan memakai uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasilpenelitian inimenunjukkan bahwa nilai signifikansi asymp. Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05, yaitu sebesar 0,011. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroomefektif dalam meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan kelompok, homeroom, harga diri (self esteem) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:43 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/26037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |