Asna, Atikah and Banurea, Ihsan Zamzami (2025) Penanganan Gangguan Belajar Mahasiswa Program Studi BPI yang Sudah Berkeluarga. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 9 (5). pp. 369-378. ISSN 2118-7451
![]() |
Text
JURNAL_ATIKAH ASNA.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
JURNAL_PSIKOLOGI_UMUM_KELOMPOK_2_OK.pdf Download (811kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan atau gangguan belajar yang dialami mahasiswa, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal, serta untuk memahami bagaimana faktor-faktor tersebut memengaruhi proses belajar dan prestasi akademik mahasiswa. Juga bertujuan memberikan gambaran tentang upaya atau strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut, termasuk peran dukungan keluarga dan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dalam wawancara, peneliti berperan sebagai instrumen penelitian, memenuhi subjek penelitian, dan terlibat dalam proses interaksi dan tanya jawab untuk memperoleh fakta, keyakinan, emosi, dan sebagainya sesuai dengan tujuan penelitian. Observasi adalah suatu metode pengamatan dalam penelitian kualitatif yang tujuannya adalah untuk mendapatkan faktafakta alam, kumpulan persepsi dari pengamatan peneliti. Penanganan gangguan belajar pada mahasiswa yang sudah berkeluarga dapat dilakukan melalui pendekatan konseling akademik yang bersifat personal. Konseling ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mengenali sumber gangguan dan menemukan solusi yang sesuai dengan kondisi kehidupannya, termasuk mempertimbangkan dinamika keluarga dan pekerjaan. Penanganan gangguan belajar pada mahasiswa yang berkeluarga merupakan hal yang penting mengingat mereka menghadapi tantangan ganda antara tuntutan akademik dan tanggung jawab keluarga. Kesulitan belajar yang dialami dapat dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal, termasuk tekanan dan dukungan dari lingkungan keluarga. Dengan pendekatan yang tepat, mahasiswa yang berkeluarga dapat meningkatkan kemampuan belajar, mengelola stres dengan lebih baik, dan mencapai keberhasilan akademik tanpa mengabaikan tanggung jawab keluarga mereka.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar Mahasiswa, Faktor Internal dan Eksternal, Konseling Akademik dan Dukungan Keluarga |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Habiba Nur Maulida |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 08:18 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:45 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25649 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |