Siregar, Ayu Syarani (2023) Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Engklek Di TK Madinah Safitri Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
Cover_ayu_baru.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text
BAB_I_(2).pdf Download (776kB) |
![]() |
Text
BAB_II_(2).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_III_(2).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_IV (2).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_V_(2).pdf Download (711kB) |
![]() |
Text
BAB_V_(2).pdf Download (711kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PERPUSTAKAAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun sebelum melakukan kegiatan permainan tradisional engklek. 2) Keterampilan motorik kasar anak 5-6 tahun pada saat menggunakan kegiatan tradisional engklek. 3) Keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan permainan tradisional engklek. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Madinah Safitri yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan motorik anak usia 5-6 tahun sebelum menggunakan permainan tradisional engklek di TK Madinah Safitri yaitu belum meningkat sesuai harapan yang diinginkan karena hanya 1 anak yang berkembang sesuai harapan, 3 anak yang mulai berkembang dan 8 anak yang belum berkembang. 2) Pelaksanaan kegiatan permainan tradisional engklek dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak usia 5- 6 tahun, guru meminta anak untuk melompat dengan menggunakan satu kaki dan dua kaki sesuai dengan kotak pada engklek, serta anak melempar gaco sesuai dengan kotak yang ditetapkan. 3) Melalui permainan tradisional engklek pada anak usia 5-6 tahun maka perkembangan keterampilan motorik kasar anak dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat pada hasil pra siklus yaitu anak dengan kategori belum berkembang 8 anak atau 66,67%, kategori mulai berkembang 3 anak atau 25%, berkembang sesuai harapan 1 anak atau 8,33% yang berhasil. Sedangkan pada siklus I, anak dengan kategori mulai berkembang 8 anak atau 66,67%, kategori berkembang sesuai harapan 2 anak atau 16,67%, dan berkembang sangat baik 2 anak atau 16,67% . Pada siklus II, anak dengan kategori berkembang sesuai harapan 3 anak atau 75%, dan berkembang sangat baik 9 anak atau 75%.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 08:49 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 08:49 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |