Dalimunthe, Sri Ulfah Afriani (2024) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Metode Newman di SMP Negeri 2 Angkola Barat. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
cover.pdf Download (986kB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (733kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_compressed_(1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Metode Newman di SMP Negeri 2 Angkola Barat” dilatarbelakangi bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika masih tergolong rendah. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam mengenai sesuatu yang kita teliti atau kita amati. Penelitian dengan metode deskriptif kualitatif akan menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata maupun gambar dari yang kita teliti atau amati. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peneliti menemukan jenisjenis kesalahan berbeda yang dilakukan oleh peserta didik pada tiap butir soal menurut metode Newman. Adapun kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh para siswa tersebut dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah kesalahan dalam membaca soal dilakukan sebanyak 0 kesalahan, kesalahan dalam memahami soal dilakukan sebanyak 28 kesalahan, kesalahan dalam mentransformasi soal dilakukan sebanyak 38 kesalahan, kesalahan dalam memproses soal dilakukan sebanyak 38 kesalahan dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan dilakukan sebanyak 38 kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa proses peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika masih tergolong rendah. Terdapat 4 jenis kesalahan dari 5 jenis kesalahan dalam metode Newman yang dilakukan oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Angkola Barat yaitu kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam mentransformasi soal, kesalahan dalam memproses soal, dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:41 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 07:41 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |