Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Siswa di Sekolah Dasar

Ritonga, Susi Febriani (2024) Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan.

[img] Text
Artikel_Susi_Febriani_Ritonga_.pdf

Download (219kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan metode mind mapping terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi di kelas IV Sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental yang melibatkan kelas kontrol dan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS Mardliatul Islamiyyah Medan dan menggunakan sampel jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Instrument penelitian ini yang digunakan adalah tes berupa essay. Data yang terkumpul dianalisis menggunkan teknik statistic paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode mind mapping terhadap keterampilan menyimak siswa, dimana nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 48,13 dan nilai posttest adalah 82,29 nilainya meningkat sebesar 34,16%. Sementara itu nilai rata-rata pretest untuk kelas control adalah 49,57 dan nilai posttest nya adalah 63,26 nilainya meningkat sebesar 13,69%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa kelompok eksperimen memiliki rata-rata hasil keterampilan menyimak yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 10 Feb 2025 02:02
Last Modified: 10 Feb 2025 02:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25178

Actions (login required)

View Item View Item