Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Siswa SMP Pada Materi SPLDV

Razaq, Muhammad Ainul (2024) Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Siswa SMP Pada Materi SPLDV. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_MYHAMMAD_AINUL_RAZAQ.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB_I_MUHAMMAD_AINUL_RAZAQ.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB_II_MUHAMMAD_AINUL_RAZAQ.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB_III_MUHAMMAD_AINUL_RAZAQ.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB_IV_MUHAMMAD_AINUL_RAZAQ.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_MUHAMMAD_AINUL_RAZAQ.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_MUHAMAD_AINUL_RAZAQ_(1)_-.pdf

Download (982kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Siswa SMP Pada Materi SPLDV” yang dilatar belakangi bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Pahlawan Nasional masih tergolong rendah, siswa butuh waktu yang lama untuk mengerjakan soal-soal pemecahan masalah, hal ini dikarenakan siswa kesulitan dalam memahami dan memecahkan soal pemecahan masalah yang diberikan guru kepada mereka. Salah satu faktor dari rendahnya pemecahan masalah matematis siswa disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan model konvensional yang menyebabkan banyaknya siswa yang bergantung kepada guru, siswa cederung pasif saat pembelajaran berlangsung sehingga siswa tidak bisa membangun sendiri pemahamannya dan tidak mampu menyelesaikan permasalahan matematika. Media yang sering digunakan dalam pembelajaran hanya berupa LKPD serta alat peraga seperti benda yang ada disekitar sekolah saja. LKPD yang kerap digunakan juga belum berbasis elektronik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam konteks ini, peneliti menerapkan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VIII-5 di SMP Pahlawan Nasional Medan dengan jumlah 24 orang. Berdasarkan hasil penelititian menunjukkan bahwa hasil uji validitas ELKPD masuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata 93%, sedangkan hasil praktikalitas E-LKPD masuk dalam kategori sangat praktis angket guru dengan persentase 90%, dan angket siswa dengan persentase 84,27% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis, dengan hasil 0,81 adalah kategori efektif. Sehingga E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Siswa SMP Pada Materi SPLDV dikategorikan valid, praktis, dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:30
Last Modified: 07 Feb 2025 04:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25034

Actions (login required)

View Item View Item