EFEKTIVITAS TERAPI PERILAKU EMOTIVE RASIONAL (REBT) KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN DIRI SISWA PERCAYA DIRI : TINJAUAN PUSTAKA

SARAGIH, TIARA NOVA ANDRE (2024) EFEKTIVITAS TERAPI PERILAKU EMOTIVE RASIONAL (REBT) KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN DIRI SISWA PERCAYA DIRI : TINJAUAN PUSTAKA. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. ISSN 2503-2518

[img] Text
1_Tiara+Nova+Andre+Saragih_Final_(3)_(1).pdf

Download (541kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peran konseling kelompok dengan menggunakan Rational Emotive Behavior Pendekatan Terapi (REBT) dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Dibahas literatur mengenai efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan REBT dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode tinjauan literatur sistematis. Tinjauan literatur sistematis adalah proses penelitian yang mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menafsirkan penelitian yang relevan terkait dengan pertanyaan penelitian, topik tertentu, atau fenomena yang sedang dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan REBT dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa adalah signifikan. Dengan menggunakan berbagai metode evaluasi seperti skala kepercayaan diri, observasi perilaku, wawancara siswa, pengukuran tingkat stres dan kecemasan, serta pemantauan prestasi akademik, penelitian ini berhasil mengukur perubahan signifikan pada kepercayaan diri siswa. Efektivitas REBT adalah terlihat pada perubahan pola berpikir dan perilaku siswa sehingga meningkatkan rasa percaya diri belajar. Faktor kunci keberhasilan, seperti perubahan perilaku anggota kelompok, peningkatan pemahaman diri siswa, dan dukungan antar anggota kelompok, memberikan kontribusi penting dalam mencapai tujuan konseling kelompok.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Feb 2025 05:09
Last Modified: 11 Feb 2025 06:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24857

Actions (login required)

View Item View Item