Pane, Nova Emiliya (2024) Readiness of Islamic Religious Education Teachers in Implementing The Independent Curriculum at Percut Sei Tuan Junior High School. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.
![]() |
Text
File_Jurnal_Terbit.pdf Download (403kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan perencanaan kurikulum merdeka serta kesiapan guru PAI dilihat dari kesiapan kognitif, fisik, psikologis, dan finansial dalam implementasi kurikulum merdeka, sehingga nantinya akan terselenggara proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa : Perencanaan pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP N 1 Percut Sei Tuan sudah baik, tetapi belum maksimal karena belum sesuai dengan minat dan bakat siswa. Guru PAI masih kurang siap dalam aspek kognitif, karena belum sepenuhnya memahami kurikulum merdeka dan masih berfokus pada pengajaran berbasis guru. Dalam aspek fisik, guru PAI muda, sehat, dan mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik melalui penggunaan teknologi. Secara psikologis, guru PAI menunjukkan kesiapan dengan minat dan motivasi tinggi dalam implementasi kurikulum merdeka. Namun, dalam aspek finansial, kesiapan belum tercapai karena sarana dan prasarana belum sesuai standar, meski guru PAI tetap berkreasi dalam menciptakan media pembelajaran.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 08:33 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 08:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |