Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematika Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Matematika Realistik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Mts. Manunggal Bdr Khalipah Deli Serdang

Silva Lestari, Olvilia (2024) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematika Siswa Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Matematika Realistik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Mts. Manunggal Bdr Khalipah Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
cover,_dll_(4).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_PENDAHULUAN_(1).pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB_II_KAJIAN_LITERATUR.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB_III_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV_HASIL_PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V (12).pdf

Download (174kB)
[img] Text
daftar_pustaka_dan_lampiran_lampiran_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Matematika Realistik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kemampuan penalaran dan kemampuan matemetis sisawa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Matematika Realistik pada materi SPLDV. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Manunggal BDR Khalifah Deli Serdang yang berjumlah 60 orang yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan Pemecahan masalah siswa dan kemampuan penalaran siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil Temuan ini menunjukkan: 1) Tingkat kemampuan kemampuan Pemecahan masalah siswa dan kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran PMR, dengan Fhitung = 21,397 > Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 3,913; 2) Tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Matematika Realistik, dengan Fhitung = 15,950 < Ftabel pada taraf (α= 0,05) = 4,007; 3) Tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL sama dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Matematika RealistikS, tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 05:30
Last Modified: 05 Feb 2025 05:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24680

Actions (login required)

View Item View Item