Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Siswa Pada Pembelajaran Pai Di Smp Negeri 1 Percut Sei Tuan

Yolanda Damanik, Dea Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Siswa Pada Pembelajaran Pai Di Smp Negeri 1 Percut Sei Tuan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan.

[img] Text
Artikel_Jurnal_yg_Telah_Terbit.pdf

Download (505kB)

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Fokus kajian dalam penelitian ini ada tiga hal, yakni metode peningkatan kompetensi literasi digital siswa pada pembelajaran PAI, upaya guru PAI dalam peningkatan kompetensi literasi digital siswa pada pembelajaran PAI, serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan kompetensi literasi digital siswa pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa seiring dengan perkembangan zaman, guru PAI harus memperluas sudut pandangnya terkait peran yang perlu diambil dalam melakukan proses pendidikan kepada para siswanya. Proses pembelajaran yang terjadi saat ini tidak hanya dapat dilakukan di dalam ruang kelas melainkan dapat dilakukan tanpa batas. Karena itu, tugas guru PAI bukan untuk melarang para siswanya mendapatkan ilmu dari luar kelas melainkan justru memfasilitasi dan membimbing para siswa agar mampu memaksimalkan perkembangan teknologi informasi sebagai sarana memperoleh ilmu pengetahuan dengan tetap memegang nilai-nilai keagamaan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:33
Last Modified: 05 Feb 2025 04:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24646

Actions (login required)

View Item View Item