Jannah Ira, Miftahul Upaya Pemberdayaan Peserta Didik Underchiever dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SMPN 6 Kisaran. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan.
![]() |
Text
Jurnal_Akhir.pdf Download (345kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam pemberdayaan peserta didik underachiever di SMP Negeri 6 Kisaran, dengan fokus pada karakteristik underachiever, faktor penyebab, serta upaya guru PAI dalam pemberdayaan peserta didik underachiever. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik underachiever memiliki karakteristik dimana kemampuan belajar yang baik namun prestasinya menurun karena kurangnya motivasi. Faktor penyebabnya terdiri dari faktor internal (jasmani dan rohani) dan eksternal (lingkungan keluarga dan sekolah), dengan kurangnya perhatian dan dukungan orang tua sebagai penyebab utama. Upaya guru PAI meliputi bimbingan, motivasi, serta kerja sama dengan guru BK dan wali kelas, juga melibatkan orang tua untuk memperhatikan belajar anak di rumah, sehingga diharapkan peserta didik underachiever dapat meningkatkan prestasinya. Penelitian ini diharapkan dapat mendorong perhatian dari berbagai pihak, tidak hanya terfokus pada guru BK dan wali kelas, tetapi mencakup seluruh aspek terkait dilungkungan peserta didik.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:29 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |