Putri, Anisa (2024) Analisis Kompetensi Guru Fikih Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Dengan Pendekatan TPACK Di MAN 2 Model Medan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 14 (3).
![]() |
Text
13__ARTIKEL_JURNAL_YANG_TELAH_TERBIT.pdf Download (530kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru fikih dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan pendekatan TPACK, (1) Bagaimana kompetensi guru fikih dalam menyusun pembelajaran berbasis TPACK (2) Bagaimana kompetensi guru fikih dalam mengimplementasikan pembelajaran fikih pada kurikulum merdeka dengan pendekatan TPACK (3) Bagaimana kompetensi guru fikih dalam mengevaluasi proses pembelajaran fikih berbasis TPACK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Menyusun pembelajaran berbasis TPACK seorang guru terlebih dahalu harus memperhatikan beberapa aspek seperti, materi pembelajaran, siswa, dan fasilitas sekolah (2) Pembelajaran dilakukan menggunakan Media teknologi seperti Laptop, Handphone, Internet dll serta memanfaatkan platform dan aplikasi seperti Canva, Quizizz, Google Forms, YouTube, dll (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan mengambil soal dari buku pembelajaran dan dibuat sendiri oleh guru berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan lalu diintegrasikan kesalah satu platform atau aplikasi yang menawarkan program evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran fikih dengan pendekatan TPACK di MAN 2 Model medan dapat dikatakan berjalan dengan baik dilihat dari kemapuan guru yang mahir dalam mengintegrasikan teknologi dengan kompetensi pedagogic guru.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:13 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:13 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |