Komunikasi Interpersonal Guru Bahasa Indonesia dalam Pelaksanaan Muhadharah terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Peserta Didik di SMP Negeri 2 Panyabungan

Amelia, Ramadhani Nanda (2024) Komunikasi Interpersonal Guru Bahasa Indonesia dalam Pelaksanaan Muhadharah terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Peserta Didik di SMP Negeri 2 Panyabungan. SANG PENCERAH Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton. ISSN 2460-5697

[img] Text
Production+Ramadhani+Nanda+Amelia_(1).pdf

Download (358kB)

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan komunikasi yang di dalamnya ada unsur keakraban dan saling mempengaruhi diantara pihak-pihak yang berkomunikasi. Komunikasi Interpersonal sangat erat kaitannya dengan kepercayaan diri peserta didik sehingga guru berperan penting dalam membangun hubungan yang baik dengan peserta didik. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam pelaksanaan muhadharah untuk meningkatkan percaya diri peserta didik di SMP Negeri 2 Panyabungan. Adapun jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan diri peserta didik di SMP Negeri 2 Panyabungan lebih dominan negatif. Minimnya kepercayaan diri ditandai karena kurangnya kosa kata dalam berkomunikasi dan malu yang tinggi terhadap teman-temannya sehingga mengakibat anak-anak malas menghafal teks ceramah dan banyak memberikan alasan untuk tidak bisa berhadir, namun dengan komunikasi interpersonal yang efektif dilakukan oleh guru pembina dalam kegiatan Muhadharah yang dilakukan setiap sekali seminggu pada hari Jumat Pagi mampu memberikan perubahan serta peningkatan terhadap rasa percaya diri peserta didik

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:36
Last Modified: 11 Feb 2025 06:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24599

Actions (login required)

View Item View Item