Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di Tk Pembina Pegasing, Kec. Pegasing, Kab. Aceh Tengah

Qurata Aini, IRMA (2024) Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di Tk Pembina Pegasing, Kec. Pegasing, Kab. Aceh Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
1__cover_compressed.pdf

Download (880kB)
[img] Text
2__BAB_I (2).pdf

Download (394kB)
[img] Text
3__BAB_II (3).pdf

Download (562kB)
[img] Text
4__BAB_III (2).pdf

Download (525kB)
[img] Text
5__BAB_IV (3).pdf

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA (6).pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk melihat kemampuan menyimak anak usia dini sebelum menggunakan metode bercerita di TK Pembina Pegasing, untuk melihat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita dalam Kemampuan menyimak di TK Pembina Pegasing, dan untuk melihat kemampuan menyimak anak usia dini dapat di tingkatkan setelah menggunakan metode bercerita di TK Pembina Pegasing. Teknik penelitian yang dilakukan adalah PTK (penelitian tindakan kelas) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif . Subjek pada penelitian ini adalah 9 anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan pada bulan Juli sampai selesai mulai dari kegiatan persiapan sampai pelaksanaan. Yaitu dikelas Anggrek yang berjumlah 9 orang anak dengan 4 anak laki – laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan di TK Pembina Pegasing tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan pada semester genap TA. 2023-2024 sampai selesai. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis dan Mc. Taggart, penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, yakni siklus I dan siklus II. Siklus I diperoleh nilai presentase 8,2%. . Siklus II nilai presentase 10%. Dari penelitian yang dilakukan mulai pada Pra tindakan, Siklus I dan Siklus II menunjukkan bahwa rata-rata anak mengalami peningkatan. Peningkatan pada kemampuan menyimak anak memperlihatkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita lebih efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5 – 6 tahun. Dengan demikian metode bercerita merupakan salah satu upaya yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5 – 6 tahun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 04 Feb 2025 07:26
Last Modified: 04 Feb 2025 07:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24506

Actions (login required)

View Item View Item