Zairi, Raihan Nahriza (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
Cover_baru.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_1.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB_2.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
BAB_3.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
BAB_4.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
BAB_5.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (300kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menciptakan media pembelajaran matematika dengan menggunakan Adobe Flash yang valid, praktis, dan efektif agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada salah satu model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MAN 2 Model Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media dan materi, angket respon guru dan siswa serta tes kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata persentase sebesar 84,5%, yang masuk dalam kriteria “sangat baik/sangat valid.” (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon siswa dan guru setelah menggunakan media smendapatkan rata-rata persentase sebesar 91% yang termasuk kedalam kriteria “sangat praktis”. (3) Keefektifan media berdasarkan hasil tes penelaran matematis siswa setelah menggunakan media pembelajaran sebesar 71%. Kemudian dilakukan uji t dengan nilai
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 06:45 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 06:45 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |