Hasibuan, Herawati (2024) Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Pendidikan Di Desa Galabonang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas Menurut UndangUndang Nomor 6 Tahun 2014 Dan Perspektif Fiqih Siyasah. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
COVER_SKRIPSI.pdf Download (952kB) |
![]() |
Text
BAB_I_SKRIPSI.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
BAB_II_SKRIPSI.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB_III_SKRIPSI.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB_IV_SKRIPSI.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB_V_SKRIPSI.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
DAPUS_DAN_LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf Download (722kB) |
Abstract
Pendidikan adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang di upayakan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah agar memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menjalankan peranannya dalam berbagai lingkungan secara tepat dimasa yang akan datang. Sehingga pendidikan sangatlah dibutuhkan bagi seluruh masyarakat indonesia baik yang berada di kota maupun di desa, dengan bantuan pemerintah sebagai aparatur negara, khususnya pemerintah desa. Alasan Peneliti Mengangkat judul ini ialah menurut observasi yang peneliti lakukan masih ada pembangunan-pembangunan yang belum terlaksanakan hingga saat ini, seperti pembangunan dalam bidang pendidikan yang masih menjadi permasalahan yaitu belum adanya lahan maupun gedung Taman kanak-kanak dan Sekolah Dasar guna untuk memfasilitasinya baik sarana dan prasarana. Sehingga Taman kanak-kanan dan Sekolah Dasar kini masih bersekolah dan bergabung dengan desa lain. Penelitian ini di rumuskan pada 2 rumusan masalah, yakni pertama, bagaimana pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan di desa galabonang kecamatan huristak menurut undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Kedua, bagaimana perspektif fiqih siyasah pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan di desa galabonang kecamatan huristak kabupaten padang lawas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Data serta informasi bersumber responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah bersumber dari tempat penelitian, wawancara, observasi serta dokumen-dokumen baik dari buku, jurnal maupun artikel. Hasil penelitian pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan di desa galabonang kecamatan huristak kabupaten padang lawas menunjukkan pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan di desa Galabonang kurang optimal dan kurang transparansi atas informasi kepada masyarakat serta minimnya peran aktif kepala desa dalam menggerakkan partisipasi masyarakat, sehingga belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014. Kemudian Secara Perspektif Fiqih siyasah pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan adalah tanggung jawab utama negara untuk memastikan akses yang adil dan merata bagi semua lapisan masyarakat, selaras dengan prinsip keadilan dan kesejahteraan dalam islam.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science > 323 Civil and political rights |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 02:27 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 02:27 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |