Pengembangan LKPD Berbasis Hots Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Mis Al Hidayah Aek Nagali Kabupaten Asahan

Sitorus, Safriza Ariska (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Hots Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Mis Al Hidayah Aek Nagali Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__cover safriza.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__Bab_I safriza.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3__Bab_II safriza.pdf

Download (458kB)
[img] Text
4__Bab_III safriza.pdf

Download (723kB)
[img] Text
5__Bab_IV safriza.pdf

Download (709kB)
[img] Text
6__bab_V safriza.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka safriza.pdf

Download (867kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan LKPD Berbasis HOTS Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di MIS Al Hidayah Aek Nagali”, yang di latar belakangi bahwa mereka belum terlatih dalam keterampilan berpikir kritis, terutama dalam mata pelajaran IPA. Proses pembelajaran IPA saat ini masi didominasi oleh metode ceramah dan pusat perhatian pada guru. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dapat membantu melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengevaluasi tingkat validitas LKPD yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, (2) mengevaluasi kepraktisan LKPD tersebut dalam melatih keterampilan berpikir kritis, dan (3) mengevaluasi tingkat efektivitas LKPD dalam meningkatkan berpikir kritis. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D). Pengembangan dilakukan menggunakan model (Thiagajaran, 1974) yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V Hasil penelitain menunjukan bahwa (1) tingkat kevalidan dan kepraktisan LKPD berbasis HOTS dapat dilihat dari hasil penilaian validator, guru, dan peserta didik. LKPD yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan layak berdasarkan validasi. (2) tingkat efektivitas LKPD berbasis HOTS dalam meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V di MIS Al Hidayah Aek Nagali pada materi cahaya terlihat dari perbandingan nilai pretest dan posttes. Rata-rata nilai pre-test adalah 34,4, sedangkan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 83,2. Uji N-Gain menunjukan dengan nilai 0,73 dengan kategori “Tinggi” Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka LKPD berbasis HOTS ini efektif dalam meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V MIS Al Hidayah Aek Nagali pada materi cahaya

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:55
Last Modified: 11 Feb 2025 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24424

Actions (login required)

View Item View Item