Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Addini Kecamatan Medan Tembung

Harahap, Muzdalifah Rohami and Arlina, Arlina and Pandiangan, Dela Fahiran and Pratama, Dio Anugrah (2025) Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Addini Kecamatan Medan Tembung. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3 (1). pp. 163-171. ISSN 2987-713X

[img] Text
Penerapan Pembelajaran Problem Based LearningPada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IVdi Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS)Addini Kecamatan Medan Tembung 1-2-2025.pdf

Download (426kB)

Abstract

Problem based learning merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada proses pemecahan masalah sebagai sarana utama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MIS) Addini Kecamatan Medan Tembung. Penelitian ini menggunakan desain studi kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait penerapan PBL di kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas yang dipilih secara purposif, serta guru sebagai fasilitator PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Para siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap konsep-konsep kompleks, serta menjadi lebih mandiri dalam proses belajar. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator sangat penting untuk mengarahkan diskusi, menjaga dinamika kelompok, dan memfasilitasi pencarian informasi. Kendala yang dihadapi dalam implementasi problem based learning meliputi alokasi waktu yang lebih panjang dan kebutuhan akan keterampilan fasilitasi yang lebih baik bagi guru.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 01 Feb 2025 02:35
Last Modified: 01 Feb 2025 02:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24352

Actions (login required)

View Item View Item