Ananda, Novia and Arlina, Arlina and Hakim, Rivansyah and Hutasuhut, Nurwahdini (2025) Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Hidayah Medan. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3 (1). pp. 126-137. ISSN 2987-713X
Text
mplementasi Strategi Pembelajaran KontekstualPada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Swasta(MIS)Nurul Hidayah Medan 1-2-2025.pdf Download (371kB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist sangat penting dalam membentuk fondasi keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MIS Nurul Hidayah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan 20 siswa kelas 4 sebagai sampel. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi CTL mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran, serta membangun sikap percaya diri, kreativitas, dan kerja sama melalui kegiatan diskusi kelompok dan penggunaan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi CTL efektif dalam menciptakan pembelajaran yang relevan dan interaktif, serta memberikan rekomendasi untuk optimalisasi manajemen kelas agar hasilnya lebih maksimal.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Kontekstual, Al-Qur’an Hadist |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Habiba Nur Maulida |
Date Deposited: | 01 Feb 2025 02:31 |
Last Modified: | 01 Feb 2025 02:31 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24351 |
Actions (login required)
View Item |