Rangkuti, Muhammad Habibi and Sitorus, Indah Permata Sari and Arlina, Arlina and Jauzah, Najwa Ammara (2025) Implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik K-13 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Medan. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3 (1). pp. 246-255. ISSN 2987-713X
Text
Implementasi+Strategi+Pembelajaran+Saintifik+K-13+Pada+Mata+Pelajaran+Pendidikan+Agama+Islam+di+Madrasah+Ibtidaiyah+Nurul+Hidayah+Medan 1-2-2025.pdf Download (279kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi implementasi strategi pembelajaran saintifik Kurikulum 2013 pada mata pelajaran praktik ibadah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah, yang melibatkan langkah-langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi saintifik menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, terutama melalui diskusi kelompok dan kuis berbasis aplikasi Wordwall, yang memperkuat pemahaman mereka terhadap materi Sunnah Ab’ad dan Sunnah Hai’at sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kesimpulannya, strategi saintifik efektif meningkatkan kualitas pembelajaran praktik ibadah dan memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pengajaran inovatif dalam pendidikan agama di Indonesia.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Saintifik, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Habiba Nur Maulida |
Date Deposited: | 01 Feb 2025 02:25 |
Last Modified: | 01 Feb 2025 02:25 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24350 |
Actions (login required)
View Item |