Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gender

Safitri, Afrianti (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education.

[img] Text
Artikel_Afrianti_Safitri.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sejauh mana perbedaan hasil belajar serta proses belajar dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa secara siginifikan jika dilihat berdasarkan gender pada siswa di kelas XI IPA MAS Muhammadiyah 01 Medan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif secara rinci dengan instrumen berupa tes, proses wawancara semi terstruktur, dan dokumen pendukung. Berdasarkan hasil analisis kemampuan berpikir kreatif matematika siswa berdasarkan gender, peneliti menyimpulkan bahwa hasil kemampuan berpikir kreatif siswa yang dilakukan dengan tes dan wawancara. Siswa laki-laki masih belum memunculkan kemampuan berpikir kreatif dengan interpretasi sangat kreatif, karena terdapat satu indikator kemampuan berpikir kreatif yang tidak terpenuhi, yaitu keluwesan. Sedangkan siswa perempuan sudah memunculkan kemampuan berpikir kreatif dengan interpretasi sangat kreatif dan memenuhi seluruh indikator. Secara keseluruhan, siswa laki-laki kelas XI IPA di MAS Muhammadiyah 01 Medan memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang cenderung rendah dibandingkan siswa perempuan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 30 Jan 2025 07:02
Last Modified: 30 Jan 2025 07:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24207

Actions (login required)

View Item View Item