Zahra, Maulida (2024) Peranan Guru IPS dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Kepada Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Medan. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
Text
1__cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2__Bab_I.pdf Download (370kB) |
|
Text
3__Bab_II.pdf Download (639kB) |
|
Text
4__BAb_III.pdf Download (391kB) |
|
Text
5__Bab_IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
6__Bab_V.pdf Download (278kB) |
|
Text
7__pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini telah dilakukan yang berjudul “Peranan Guru IPS Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Kepada Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Medan”. Yang dilatarbelakangi bahwa dari hasil observasi awal yang dilakukan penelititi di SMP Negeri 35 Medan peneliti melihat bahwa bahwasanya di SMP Negeri 35 Medan, masih terdapat beberapa siswa yang berselisih yang disebabkan oleh beberapa unsur perbedaan seperti agama, ras, suku, dan budaya. Adapun faktorfaktor yang menyebabkan kurangnya sikap toleransi siswa diantaranya adalah minimnya pengetahuan siswa mengenai sikap toleransi, dikarenakan siswa yang baru beranjak dari sekolah dasar ke sekolah tingkat menengah pertama, sehingga masih butuh bimbingan terutama dalam membentuk sikap maupun kepribadian yang baik dan mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk yang untuk bagi seorang siswa. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu cara penetapan irforman yang dilakukan dengan sengaja atas dasar kriteria dan pertimbangan tertentu. Untuk tehnik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian penelitian mengungkapkan bahwa 1) Masih minimnya pengetahuan siswa kelas tujuh mengenai sikap toleransi yang ada di SMP Negeri 35 Medan yang ditandai dengan terkadang terjadi keributan diantara siswa 2) Adapun upaya guru IPS dalam menumbuhkan sikap toleransi kepada siswa kelas VII SMP Negeri 35 Medan adalah melalui proses pembelajaran, pembiasaan, dan juga konstribusi orang tua 3) Dampak dari upaya yang dilakukan guru IPS dalam menanamkan sikaptoleransi kepada siswa kelas VII SMP Negeri 35 medan, berdampak baik bagi siswa dan juga sekolah, sehingga siswa menjadi rukun, saling tolongmenolong dan juga menghargai serta menghormati sesama. Berdasarkan pada temuan penelitian diatas bahwasanya guru sangat berperan penting dalam membentuk karakter dan kepribadian peserta didik dengan baik. Maka dari itu, guru harus menjadi contoh suri tauladan yang baik dan menjadi panutan yang baik bagi peserta didiknya.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 06:56 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24204 |
Actions (login required)
View Item |