Kurnia, Alfitra Indri (2024) Strategi Komunikasi Guru SLB Yapsi Tebing Tinggi Dalam Meningkatkan Pemahaman Murid Saat Belajar. eScience Humanity Journal.
![]() |
Text
136-Article_Text-833-1-10-20240725_(1)_(1).pdf Download (871kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk orang-orang yang ingin mengetahui bagaimana cara anak berkebutuhan khusus berkomunikasi dengan manusia lain yang normal (guru) atau sesama anak ABK. Mengetahui strategi yang digunakan oleh para guru SLB untuk mengajar dan berkomunikasi dengan baik. Terakhir, untuk mengetahui respon para murid dan melihat seberapa tanggap mereka menerima pelajaran. Metode yang peneliti gunakan adalah dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini juga dilengkapi dengan tahapan-tahapan, seperti tahapan pertama mencari dan mengumpulkan data, tahap kedua mewawancarai para guru, dan yang ketiga berinteraksi dan mengobservasi guru dan para murid di dalam kelas. Beberapa strategi yang ditemukan peneliti dalam proses belajar mengajar di Sekolah Luar Biasa YAPSI sampai bisa berkomunikasi dengan murid yang lain membuat peneliti harus menjabarkan beberapa strategi yang di observasi dan dijelaskan oleh beberapa guru. Salah satu nya adalah Bahasa isyarat yang wajid digunakan oleh para murid. Peneliti melakukan penelitian di salah satu Sekolah Luar Biasa Swasta YAPSI yang terletak di Kota Tebong Tinggi dengan fokus pada tuna rungu dan tuna wicara serta tuna grahita. Artikel ini dibuat atas izin dan kontribusi Kepala Yayasan dan Kepala Sekolah dan para Guru dan murid SLB Swasta YAPSI di Kota Tebing Tinggi.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |