Jayani, Andini Dwi (2024) Implementasi Komunikasi Media dalam Tindak Tutur Iklan Produk Indomie di Youtube. eScience Humanity Journal.
![]() |
Text
Andini_Dwi_Jayani_Jurnal_Tugas_Akhir.pdf Download (828kB) |
Abstract
Penelitian mengenai tindak tutur ini peneliti gunakan untuk mengetahui bagaimana peristiwa tuturan yang dilontarkan oleh seseorang dalam menyampaikan sebuah makna. Peneliti menggunakan tindak tutur lokusi, ilokusi, serta perlokusi untuk menganalisis permasalahan yang ada pada iklan mie instan di televisi yang pada masa ini sangat digemari oleh masyarakat. Penelitian ini dianggap penting karena bahasa merupakan objek penting dalam pemasaran produk. Selain itu, penelitian ini dapat membantu memperluas pengetahuan kita tentang tindak tutur dalam iklan. Disini peneliti memakai metode deskriptif kualitatif dengan strategi pragmatis dan penganalisisan iklan yang banyak menerapkan bahasa iklan pada produk mie instan indomie. Data ini peneliti peroleh dengan cara mengamati, menyimak, dan mencatat isi di dalam iklan untuk segera di analisis. Hasil yang diteliti oleh peneliti adalah tentang betapa pentingnya penggunaan tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi dalam dunia periklanan untuk menyatakan maksud dan tujuan dari pembuatan iklan tersebut.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:08 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |