Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Fikih Kelas VII di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate

Sinaga, Mitha Shaskila (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Fikih Kelas VII di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
CAVER_WATERMARK_SKRIPSI_MITHA_SHASKILA_SINAGA.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB_1_SKRIPSI_MITHA_SHASKILA_SINAGA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB_2_SKRIPSI_MITHA_SHASKILA_SINAGA.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB_3_SKRIPSI_MITHA_SHASKILA_SINAGA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB_4_SKRIPSI_MITHA_SHASKILA_SINAGA.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB_5_SKRIPSI_MITHA_SHASKILA_SINAGA.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_SKRIPSI_MITHA_SHASKILA_SINAGA_(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Fikih Kelas VII di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate, yang dilatarbelakangi oleh fenomena terjadi dalam penerapannya seperti kurangnya pemahaman guru fikih terkait perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran fikih berbasis kurikulum merdeka dan mengidentifikasi faktor pendukung maupun faktor penghambatnya. Peneliti menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (menarik kesimpulan). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Perencanaan pembelajaran fikih berbasis kurikulum merdeka yaitu sekolah mewajibkan guru fikih untuk mengikuti pelatihan kurikulum merdeka dan penyusunan perangkat pembelajaran seperti CP, TP, ATP, dan Modul Ajar. 2) Pelaksanaan pembelajaran fikih berbasis kurikulum merdeka yaitu pihak sekolah tidak menekan kepada guru fikih untuk diintervensi. Pada pelaksanaan pembelajaran fikih tidak sinkron dengan modul ajar yang dibuat oleh guru fikih. 3) Evaluasi pembelajaran yang digunakan guru fikih melibatkan penilaian sumatif dan formatif. 4) Faktor pendukungnya yaitu adanya pelatihan kurikulum merdeka, adanya dukungan dari pihak sekolah, serta sekolah memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dalam mengaplikasikan pembelajaran diferensiasi di kelas belum maksimal, guru fikih mengajar di kelas belum merubah mindset, guru fikih belum maksimal memahami kemampuan belajar siswa, serta siswa mudah jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 24 Jan 2025 08:35
Last Modified: 24 Jan 2025 08:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24073

Actions (login required)

View Item View Item