Suryadi, Agus (2024) Model Kepemimpinan Tgk. H. Syarifuddin, M. A, Di Pondok Pesantren Terpadu Jannatul Firdaus Kota Subulussalam Provinsi Aceh. Doctoral thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
Text
2__CAVER_DKK_MANTAP_compressed.pdf Download (1MB) |
|
Text
3__BAB_I_MANTAP_compressed.pdf Download (162kB) |
|
Text
4__BAB_II_MANTAP_compressed.pdf Download (237kB) |
|
Text
5__BAB_III_MANTAP_compressed.pdf Download (185kB) |
|
Text
6__BAB_IV_MANTAP_compressed.pdf Download (510kB) |
|
Text
7__BAB_V_MANTAP_compressed.pdf Download (134kB) |
|
Text
8__DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_MANTAP_compressed.pdf Download (468kB) |
Abstract
Penelitian ini mengenai Pesantren Terpadu Jannatul Firdaus secara subtansi menelisik model kepemimpinan pendiri pesantren dan program pendidikan yang dijalankan sehingga keeksistensian dalam pengembangan pesantren tetap konsisten dan paralel dengan kemajuan zaman dan kebutuhan masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif naturalistic melalui jenis penelitian di lapangan (field research).Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara ,dokumentasi dan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Treatment ) menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Sementara sifat penelitian dengan deskriptif naturalistic, yaitu merupakan bentuk penelitian yang menggambarkan melalui pemaparan yang jelas dan terperinci, serta dengan merepresentasikan realita sosial yang utuh menyeluruh, kompleks dan konkrit. Temuan penelitian mengakselerasi kebutuhan masa depan para dewan guru, serta mampu mempertahankan eksistensi dengan memenuhi tuntutan zaman dan mampu menyelaraskan dengan kebutuhan masyarakat, seperti mengedukasi dari segi kewirausahaan, kesesuaian paham dan ajaran masyarakat setempat serta memfasilitasi pengembangan sumber daya masyarakat dengan pengembangan pesantren mendirikan pendidikan tingkat perguruan tinggi. Model kepemimpinan Tgk. H. Syarifuddin, M.A., ditandai dengan dua dimensi, 1) Karismatik, dengan bercirikan kedisiplinan, ketegasan, dan menjalin komunikasi interaksi berbagai elemen masyarakat pedesaan dan perkotaan. Masyarakat spiritual, edukasional dan intelektual. 2) Transformasional, mampu beradaptasi dengan berbagai keahlian diantaranya, a) memotivasi tholabah cakap berkomunikasi, bersosialisasi serta meregenerasi menjadi masyarakat cerdas intelektual dan spiritual, b) mengedukasi tholabah menjadi ahli entrepreneurship, c) menginspirasi pemersatu elemen dan klasifikasi masyarakat baik secara personal maupun keorganisasian kemasyarakatan, d) men inisiator masyarakat terdidik intelektual, spiritual dan menjadi pelopor mendirikan kelembagaan pendidikan di Masyarakat.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 07:29 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:29 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23860 |
Actions (login required)
View Item |