RIFAI HARAHAP, MUHAMMAD (2024) Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Madrasah (Studi Multi Situs Di Man Se Kabupaten Tapanuli Tengah). Doctoral thesis, UIN Surmatra Utara Medan.
![]() |
Text
1__Cover,_persetujuan_pembimbing,_pengesahan,_abstrak_3_bahasa,_pernyataan_orisinal,_kata_pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2__BAB_I (4).pdf Download (644kB) |
![]() |
Text
3__BAB_II (2).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4__BAB_III (4).pdf Download (642kB) |
![]() |
Text
5__BAB_IV_OK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6__BAB_V (4).pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
7__DAFTAR_PUSTAKA,_LAMPIRAN,_RIWAYAT_HIDUP_OK.pdf Download (873kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk membahas mengenai Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (Studi Multi Situs Di MAN Se Kabupaten Tapanuli Tengah), metode yang digunakan yaitu kualitatif mutlisitus di MAN 1, 2, dan 3 Tapanuli Tengah. Hasil penelitian ini yaitu 1. Perencanaan peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan melibatkan semua komponen madrasah dan stakeholders, di MAN 1, MAN 2 dan MAN 3 Tapanuli Tengah, ketiga lembaga tersebut telah melakukan perencanaan program peningkatan mutu pendidikan dengan melibatkan stakeholders melalui 6 langkah yaitu (1)membuat analisis situasi dan kondisi dengan menggunakan analisis SWOT, (2) merencanakan pembuatan visi, misi madrasah, (3) merencanakan pengembangan kurikulum madrasah, (4) merencanakan pembinaan kompetensi guru, (5) merencanakan penyediaan sarana prasarana, (6) merencanakan pembinaan siswa agar mencapai prestasi akademik maupun non akademik. 2. Berdasarkan hasil analsis lintas kasus tentang pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan di MAN 1, MAN 2 dan MAN 3 Tapanuli Tengah.Pelaksanaan program peningkatanmutu pendidikan melalui beberapa program kegiatan yaitu: (1) berdasarkan pada visi misi madrasah, (2) peningkatan kopetensi guru, (3) pengembangan kurikulum, (4) sarana prasarana pendidikan, (5) pembinaanterhadap prestasi siswa, (6) pengendalian dilakukan melalui monitoring dan evaluasi kerja. 3. Pengevaluasian MBM Dalam Pelaksanaan Mutu Pendidikan Di MAN Tapanuli Tengah dimana dilakukan secara transparan dan obyektif mutlak diperlukan, dan evaluasi merupakan kegiatan akhir dari proses dan tindakan manajemen. Dapat disimpulkan bahwa pengevaluasian yang ada di MAN Tapanuli Tengah kegiatan evaluasi atau penilaian terhadap guru biasanya lebih difokuskan pada prestasi individu guru terutama dalam kegiatan proses belajar mengajar, dan peran sertanya dalam kegiatan pendidikan di madrasah. Selain adanya pengevaluasian yang dilakukan oleh kepala madrasah maka adanya pengawasan juga diperlukan yakni dengan adanya pengawasan tersebut rewards system terhadap individu madrasah, meningkatkatkan iklim kompetisi antar madrasah, memperbaiki sistem yang ada secara keseluruhan, dan membantu madrasah dalam mengembangkan diri. 4. Faktor penghambat dalam pengimplemetasian MBM di madrasah adalah peran serta komite madrasah masih kurang dalam menjadi mitra kerja kepala madrasah dalam mengambil setiap keputusan oleh kepala madrasah yang merupakan keputusan bersama kepala madrasah dan warga madrasah sehingga dalam pelaksanaan keputusan tersebut semua warga madrasah memiliki tanggungjawab dan komitmen yang tinggi.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 207 Education, research in Christianity |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 04:10 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 04:10 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |