Anda Rini Simamora, Indah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Materi Sistem Indera Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Swasta Persiapan Stabat. Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara Medan.
![]() |
Text
COVER_compressed.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
BAB_I (16).pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
BAB_II_compressed.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB_III (16).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_IV_compressed.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB_V (14).pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_benar_compressed_(2).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe) dan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Persiapan Stabat pada tahun ajaran 2021/2022, dan penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan bulan November sampai bulan awal Desember. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, Pengambilan data dengan menggunakan test dan non-test. Pengambilan data menggunakan test yaitu untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan non-test berupa lembar observasi untuk melihat KPS siswa. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe). Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat perbedaan KPS dan kemampuan berpikir kritis siswa. KPS siswa pada kelas eksperimen sebesar 69,61% sedangkan di kelas kontrol hanya 48,37%. Kemudian untuk rata-rata hasil test kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen 85,28 sedangkan pada kelas kontrol 56,28, dengan uji hipotesis bahwa thitung = 9,22 dan ttabel =1,9974 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe) pada Materi Sistem Indera terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Swasta Persiapan Stabat.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 305 Social groups |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:19 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 03:19 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |