Afriyani Hsb, Laila (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Penalaran Dan Komunikasi Matematika Tingkat 4 Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara Medan.
![]() |
Text
Cover_Skripsi_Laila_Afriyani_Hsb_(0306202006).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab_I_Skripsi_Laila_Afriyani_Hsb_(0306202006).pdf Download (658kB) |
![]() |
Text
Bab_2_Skripsi_Laila_Afriyani_Hsb_(0306202006).pdf Download (668kB) |
![]() |
Text
Bab_3_Skripsi_Laila_Afriyani_Hsb_(0306202006).pdf Download (699kB) |
![]() |
Text
Bab_4_Skripsi_Laila_Afriyani_Hsb_(0306202006).pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
Bab_5_Skripsi_Laila_Afriyani_Hsb_(0306202006).pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
Daftar_Pustaka_Laila_Afriyani_Hsb.pdf Download (164kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap penalaran dan komunikasi matematika tingkat 4 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi yang diteliti terdiri dari 77 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 49 siswa, dimana kelas IV C sebagai kelas eksperimen terdiri dari 25 siswa, dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan 24 siswa. Data dikumpulkan menggunakan pretes dan posttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran dan komunikasi matematika siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Di kelas eksperimen nilai rata-rata adalah 90,89 dan kelas kontrol sebesar 73,84. Hasil hipotesis menunjukkan nilai thitung sebesar -4,92 dan ttabel = -1,68. Dengan melihat perbandingan antara nilai thitung dan ttabel -1,68 < -4,92 < 1,68, maka H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf α = 0,05. Ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning memiliki pengaruh terhadap penalaran dan komunikasi matematika tingkat 4 sekolah dasar.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 305 Social groups |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:04 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 03:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |