Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Peserta Didik.

Sari, Ulfita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2_Bab_I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
3__bab_II.pdf

Download (681kB)
[img] Text
4__Bab_III.pdf

Download (909kB)
[img] Text
5__Bab_IV.pdf

Download (470kB)
[img] Text
6__Bab_V.pdf

Download (314kB)
[img] Text
7__pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampua Berpikir Ilmiah Peserta Didik” yang didasari oleh penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran masih tergolong rendah sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir ilmiah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir ilmiah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi-Experimental) dengan pretest posttest non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV di salah satu Madrsah Ibtidaiyah Swasta di Kabupaten Batubra. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV dengan jumlah total sampel sebanyak 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir ilmiah yang berbentuk soal essay sebanyak 5 butir. Hasil penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan statistik uji paired sample t test pada program IBM SPSS versi 29 diperoleh nilai sig. (2tailed) adalah sebesar 0.001 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir ilmiah peserta didik. Untuk peneliti lebih lanjut hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek inferensidan argumentasi secara terperinci yang belum terjangkau saat ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:57
Last Modified: 22 Jan 2025 02:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23626

Actions (login required)

View Item View Item