Daulay, Lily Sardiani (2024) Peran Extended Family dalam Pendidikan Agama Islam Anak Brokenhome Usia 5-6 Tahun di Jl.Balaiumum Gang Pisang Dusun IV Desa Tembung. Masters thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
Text
COVER_BEBAS_PUSTAKA_TESIS_LILY.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_I_BEBAS_PUSTAKA_TESIS_LILY.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB_II_BEBAS_PUSTAKA_TESIS_LILY.pdf Download (517kB) |
|
Text
BAB_III_BEBAS_PUSTAKA_TESIS_LILY.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB_IV_BEBAS_PUSTAKA_TESIS_LILY.pdf Download (556kB) |
|
Text
BAB_V_BEBAS_PUSTAKA_TESIS_LILY.pdf Download (115kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_BEBAS_PUSTAKA_TESIS_LILY.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran extended family dalam memberikan Pendidikan Agama Islam kepada anak-anak brokenhome. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa alasan extended family terlibat aktif dalam pendidikan agama karena kesibukan dan ketidakpedulian orang tua biologis, serta untuk mencegah anakanak terjerumus dalam pergaulan bebas. Proses pelaksanaan Pendidikan agama yang dilaksanakan oleh extended family yaitu mereka mengajarkan sholat, mengaji, Rukun iman, doa sehari-hari, pendidikan seks, dan etika berpakaian melalui metode keteladanan, media seperti video animasi, dan diskusi. Pengalaman extended family menunjukkan kebanggaan terhadap perkembangan anak-anak, meskipun ada tantangan seperti kemalasan dan pembantahan anak. Untuk mengatasi tantangan ini, digunakan metode ceramah, hukuman, dan sistem reward. Hasil observasi menunjukkan keterlibatan aktif anak-anak dalam kegiatan keagamaan, serta penerapan sistem punishment and reward yang efektif. Penelitian ini menyoroti pentingnya peran extended family dalam memberikan pendidikan agama Islam kepada anak-anak dari keluarga broken home. Namun, untuk meningkatkan efektivitas pendidikan ini, direkomendasikan penelitian lanjutan yang fokus pada memberdayakan extended family melalui pelatihan manajemen pendidikan untuk anak-anak broken home. Pelatihan ini dapat membantu extended family dalam mengembangkan keterampilan dan strategi yang lebih baik dalam mendidik serta mengasuh anak-anak tersebut.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:38 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:38 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23475 |
Actions (login required)
View Item |