Efektivitas Layanan Konseling Individual Pendekatan Psikoanalisis Klasik untuk Menurunkan Kecemasan Akademik Siswa IQ Superior

Yani, Sri (2024) Efektivitas Layanan Konseling Individual Pendekatan Psikoanalisis Klasik untuk Menurunkan Kecemasan Akademik Siswa IQ Superior. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 9 (1).

[img] Text
FIX_ARTIKEL_KECEMASAN_AKADEMIK_YANI.pdf

Download (237kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tuntutan keberhasilan belajar mengajar yang dapat menimbulkan kecemasan akademik pada siswa dengan IQ superior. Kecemasan akademik yang dirasakan oleh siswa IQ superior akan membutuhkan penyelesaian masalah melalui konseling individual yang dilaksanakan oleh guru BK dengan menggunakan pendekatan-pendekatan dalam bimbingan dan konseling seperti pendekatan psikoanalisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas konseling individual dengan pendekatan psikoanalisis klasik dalam menurunkan kecemasan akademik siswa dengan IQ superior. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen designone gruop pretest-posttest populasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dengan IQ superior, dan sampel terdiri dari 5 siswa dengan kecemasan akademik, dipilih melalui purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil yang didapat nilai Significan Asyimp. Sig (2-tailed) sebesar 0,005 lebih kecil (<) dari 0,05 yaitu nilai Significan Asyimp. Sig (2-tailed) yaitu 0,05 berdasarkan hasil yang didapatkan maka disimpulkan bahwa layanan konseling individual dengan pendekatan psikoanalisis klasik efektif untuk menurunkan kecemasan akademik siswa pada siswa dengan IQ superior. Implikasinya, sekolah dan konselor sebaiknya mempertimbangkan pendekatan ini dalam program konseling untuk membantu siswa mencapai potensi akademik optimal.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:55
Last Modified: 20 Jan 2025 02:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23404

Actions (login required)

View Item View Item