Agustina, Anisya (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Perubahan Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Kelas X SMA/MA. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
Text
cover_sidang_perpus_terbaru_(1).pdf Download (702kB) |
|
Text
BAB_1_BEBAS_PERPUS.pdf Download (71kB) |
|
Text
BAB_II_ANISYA_AGUSTINA_TADRIS_BIOLOGI.pdf Download (314kB) |
|
Text
BAB_III_BEBAS_PERPUS.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB_4_BEBAS_PERPUS.pdf Download (116kB) |
|
Text
BAB_5_BEBAS_PERPUS.pdf Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_BEBAS_PERPUS (1).pdf Download (287kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan kelas X IPA SMA/MA MAN Simalungun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest tentang keterampilan berpikir kriris. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2 menggunakan teknik simple random sampling. Kelas X IPA 1 berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dengan menggunkan model problem solving dan kelas X IPA 2 berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen 80,70 ,sedangkan nilai rata-rata di kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional 67,57 . Berdasarkan hasil uji hipotesis kelompok eksperimen dengan nilai (- 38,252) menunjukkan bahwa perbedaan ini signifikan secara statistik nilai signifikansi atau sig sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi umum seperti 0,05. Sedangkan kelompok kontrol nilainya menunjukkan (-19,884) menunjukkan bahwa perbedaan ini signifikansi secara statistik nilainya sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi umum seperti 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 02:30 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 02:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23148 |
Actions (login required)
View Item |