Kontribusi Disiplin Kerja dan Pengetahuan Tentang Media Pendidikan Terhadap Efektifitas Mengajar Guru Madrasah Aliyah Negeri di Medan

S., Isran Rasyid Karo-Karo (2023) Kontribusi Disiplin Kerja dan Pengetahuan Tentang Media Pendidikan Terhadap Efektifitas Mengajar Guru Madrasah Aliyah Negeri di Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Laporan Penelitian Mandiri 2022-2023 IRK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi disiplin kerja dan pengetahuan tentang media pendidikan terhadap efektifitas mengajar guru. Tiga hipotesis diajukan dalam penelitian ini, pertama, terdapat kontribusi disiplin kerja terhadap efektifitas mengajar guru, kedua, terdapat kontribusi pengetahuan tentang media pendidikan terhadap efektifitas mengajar guru, ketiga, terdapat kontribusi disiplin kerja dan pengetahuan tentang media pendidikan secara bersama-sama terhadap efektifitas mengajar guru. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 58 orang, dari 144 orang populasi penelitian. Mereka adalah guru-guru Madrasah Aliyah Negeri Medan. Pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik stratified proporsional random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik satatistik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukan bahwa: pertama, terdapat kontribusi yang signifikan (50,3 %) antara disiplin kerja terhadap efektifitas mengajar guru, kedua, tidak terdapat kontribusi yang signifikan antara pengetahuan tentang media pendidikan terhadap efektifitas mengajar guru, dan ketiga, terdapat kontribusi yang signifikan (50,4 %) antara disiplin kerja dan pengetahuan tentang media pendidikan secara bersama-sama terhadap efektifitas mengajar. Bedasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian keberhasilan efektifitas mengajar guru Madrasah Aliyah Negeri Medan dapat diprediksi melalui disiplin kerja dan pengetahuan tentang media pendidikan. Namun demikian, kedua faktor di atas bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi efektifitas mengajar guru, masih ada faktor-faktor lain yang juga memainkan peranan penting dalam meningkatkan efektifitas mengajar guru.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Aug 2024 09:26
Last Modified: 05 Aug 2024 09:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22555

Actions (login required)

View Item View Item