Analisis Kemampuan dan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi (Studi Empiris Guru Mapel PAI di MAN 1, 2, dan 3 Medan)

Haidir, Haidir and Halimah, Siti and Nasution, Fahri Agung (2023) Analisis Kemampuan dan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi (Studi Empiris Guru Mapel PAI di MAN 1, 2, dan 3 Medan). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Medan.

[img] Text
Analisis Kemampuan dan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi.pdf

Download (629kB)

Abstract

Pembelajaran PAI di madrasah belum dilaksanakan secara optimal, karena guru masih melaksanakannya secara rutinitas, tanpa didasarkan pada kemampuan dan kinerja mengajar. Guru belum memberi kesempatan kepada siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga penguasaan kompetensi mata pelajaran menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan dan kinerja guru pasca sertifikasi mapel PAI di MAN 1, 2 & 3 Medan. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif deskriptif dengan mengikuti tiga tahap penelitian, yaitu: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) penarikan kesimpulan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan kinerja guru mapel PAI MAN 1, 2 & 3 Medan secara umum berada pada kelompok sedang. Hal ini menegaskan bahwa kinerja dan kemampuan guru mapel PAI MAN 1, 2 & 3 Medan tidak mengalami peningkatan pasca sertifikasi. Bahkan kinerja dan kemampuan guru tersebut cenderung mengarah pada kondisi yang negatif.

Jenis Item: Lainnya
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Kinerja Guru, Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 28 Dec 2023 05:46
Last Modified: 28 Dec 2023 05:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22004

Actions (login required)

View Item View Item