Suliantika, Suliantika and OK, Azizah Hanum (2023) Penguatan Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Minoritas Muslim. Jurnal Pendidikan Al-Ilmi, 6 (2). pp. 325-334. ISSN 2620-8628
Text
Jurnal_Suliantika_compressed.pdf Download (222kB) |
Abstract
Siswa minoritas Muslim sering menghadapi tantangan dalam mendapatkan pendidikan agama Islam yang memadai di lingkungan sekolah yang mayoritas non- Muslim. Terkadang, mayoritas tidak memberikan pengakuan atau penghargaan terhadap eksistensi minoritas, yang tidak selaras dengan semangat hidup bangsa yang menghargai keberagaman, terutama dalam hal agama dan kepercayaan. Ini bisa menyebabkan konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pendidikan agama Islam diperkuat di daerah minoritas melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur, observasi lapangan, dan pengumpulan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan agama Islam bagi siswa minoritas Muslim di SMP Negeri 1 Biru-Biru dilakukan melalui kegiatan keagamaan seperti praktik ibadah, pesantren kilat, Ramadhan Centre, dan acara Halal Bi Halal. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memilih kegiatan ini untuk memperkuat persaudaraan dan hubungan antara siswa Muslim, sehingga mereka dapat saling mendukung dalam kebaikan meskipun menjadi minoritas. Toleransi adalah salah satu pilar utama dalam menciptakan lingkungan yang damai antara minoritas dan mayoritas.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2816 |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Nur Fauziah Utami |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 13:08 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 13:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21491 |
Actions (login required)
View Item |