Amanda, Putri and Mahidin, Mahidin (2023) Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7 (3). pp. 546-556. ISSN p-2541-6782, e-ISSN 2580-6467
Text
18_+Putri+Amanda_(1).pdf Download (680kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. Metode dalam peneltian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif. Instrumen pengambilan data menggunakan skala linkert dengan skor 1- 4 dan pedoman obervasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis untuk mengetahui nilainya. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan besarnya nilai R Square, yaitu sebesar 0,628 pada tingkat signifikansi 0,05. Dengan demikian bimbingan belajar mempunyai pengaruh 60,5% dalam peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa prestasi belajar siswa di SMP Perguruan Islam Amalia Medan meningkat seiring dengan seringnya mengikuti bimbingan belajar.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan belajar, peningkatan, prestasi belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Nur Arisyah Lubis |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 06:50 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 06:50 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21222 |
Actions (login required)
View Item |