Qadri, MUAMAR AL (2023) Evaluasi Program Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Langkat (Model CIPP : Context, Input, Process, Product). Skripsi thesis, Universitas Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
Kaper.pdf Download (454kB) |
|
Text
bab_1.pdf Download (168kB) |
|
Text
bab_2.pdf Download (897kB) |
|
Text
bab_3.pdf Download (308kB) |
|
Text
bab_4.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab_5.pdf Download (26kB) |
|
Text
Daftar_Pustaka_dan_lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Langkat, menggunakan metode penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah peserta, Kepala BDK Medan, panitia dan widyaswara. Sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Teknik penjaminan keabsahan data adalah ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi peneliti. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil evaluasi dan analisis penelitian ini menemukan : (1) Evaluasi konteks program pengembangan profesionalisme guru Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Langkat pada diklat teknis substantif pelatihan media pembelajaran berbasis multimedia di Kabupaten Langkat, menemukan: (a) Program pengembangan profesionalisme guru memiliki payung hukum PP Nomor 17 tahun 2020; (b) Organisasi diklat Kementerian Agama Kabupaten Langkat. (2) Evaluasi input menemukan : (a) Sumber daya manusia widyaswara berkompeten, (b) Peserta diklat yaitu guru madrasah berjumlah 30 orang, (c) Tersedia sarana dan prasarana sesuai kebutuhan program (d) Dana atau anggaran bersumber dari APBN Dipa Kementerian Agama (3) Evaluasi Proses menemukan : (a) kesesuaian jadwal penyelenggaraan program, (b) Widyaswara menguasai keilmuan sesuai bidang, menguasai metode dan media pembelajaran. (4) Evaluasi produk menemukan : (a) Peserta mampu memahami aplikasi pengolah kata dan data (b) Peserta mampu membuat video pembelajaran, (c) Peserta mampu membuat presentasi multimedia, (d) Peserta mampu memahami manajemen pelatihan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Program, Pengembangan Profesionalisme Guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Nadzalya Amalika |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 14:37 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 14:37 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21058 |
Actions (login required)
View Item |