Zulpani, Delfi (2023) Penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2 (3). ISSN 2775-2380
Text
DELFI ZULPANI.pdf Download (337kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dan Dewan Guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik Penjaminan keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) Kepala sekolah sebagai supervisor harus mampu memberikan motivasi bagi para pegawainya dalam meningkatkan kinerjanya. (2) Pelaksanaan pengembangan kinerja sekolah ini para guru harus lebih mandiri lagi dalam memperoleh bahan ajar, penggunaan teknologi agar tujuan daripada pendidikan nasional tercapai sebagai mana yang telah direncanakan.(3) Guru-guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan ini masih menunjukan sikap-sikap yang berorientasi pada kinerja yang belum maksimal baik sehingga guru-guru ini masih membutuhkan bimbingan atau arahan dari pihak terkait. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa Guru-guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan ini masih menunjukan sikap-sikap yang berorientasi pada kinerja yang belum maksimal baik sehingga guru-guru ini masih membutuhkan bimbingan atau arahan dari pihak terkait. Prestasi yang diperoleh oleh kelas VII dalam pembelajaran sudah cukup akan tetapi harus ditingkatkan lagi motivasi serta bimbingan dari pihak guru
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Manajemen Kelas, Meningkatkan, Efektivitas Pembelajaran. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 06:06 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 06:06 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19469 |
Actions (login required)
View Item |