Aulina, Imilia (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan REBT Untuk Menurunkan Tingkat Kejenuhan Belajar Daring Pada Masa Covid-19 di SMAN 1 Deli Tua. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER IMILIA.pdf Download (670kB) |
|
Text
BAB I IMILIA.pdf Download (427kB) |
|
Text
BAB II IMILIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
|
Text
BAB III IMILIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
|
Text
BAB IV IMILIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
|
Text
BAB V IMILIA.pdf Download (197kB) |
|
Text
DAPUS DAN LAMPIRAN IMILIA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan REBT dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar daring pada masa Covid-19 di SMAN 1 Deli Tua. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental design dengan bentuk one group pre-test – post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 orang siswa kelas XII MIA 3. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan kriteria siswa yang mengalami kejenuhan belajar daring. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kejenuhan belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan yaitu Uji T (Paired Sampel T-Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan REBT efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar daring pada siswa. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan H0 ditolak jika sig. (2-tailed) < 0,05. Dalam penelitian ini diketahui nilai sig. (2-tailed) 0,000 dimana p < 0,05 hal itu menunjukkan bahwa H0 ditolak sedangkan Ha diterima atau bimbingan kelompok dengan pendekatan REBT efektif terhadap penurunan tingkat kejenuhan belajar daring siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, REBT, Kejenuhan Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 05 May 2023 03:13 |
Last Modified: | 05 May 2023 03:13 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19047 |
Actions (login required)
View Item |