Hubungan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dengan Kejadian Stunting Pada Balita 2-5 Tahun di Desa Secanggang Kabupaten Langkat

Amaliyah, Dhitha Rizka (2022) Hubungan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dengan Kejadian Stunting Pada Balita 2-5 Tahun di Desa Secanggang Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia dibawah lima tahun yang disebabkan kekurangan gizi kronis terutama pada periode emas dimulai sejak anak masih di dalam kandungan hingga usia dua tahun atau yang sering disebut dengan istilah periode 1.000 hari pertama kehidupan. Salah satu faktor penyebab tidak langsung stunting adalah pengelolaan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengelolaan sampah rumah tangga dengan kejadian stunting pada balita di Desa Secanggang Kabupaten Langkat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian observasional analitik dan dengan desain penelitian case control. Subjek pada penelitian ini adalah ibu yang mempunyai balita dengan keadaan stunting dan bertempat tinggal di Desa Secanggang Kabupaten Langkat. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik uji Chi-Square dengan derajat kemaknaan (α=0,05). Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pemisahan sampah (p value=0,028), penyimpanan sampah (p value= 0,012). Untuk mengurangi risiko terjadinya stunting, disaran kepada masyarakat untuk memisahkan sampah antara sampah organik dan sampah anorganik. Dan disetiap rumah harus memiliki tempat sampah yang kuat, kedap air dan memiliki tutup. Untuk mengurangi penumpukan ampah, sebaiknya sampah anorganik diolah menjadi kreasi tangan dan sampah organik diolah menjadi pupuk/kompos.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan sampah, Stunting
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 May 2023 01:48
Last Modified: 03 May 2023 01:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18993

Actions (login required)

View Item View Item