Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS di Puskesmas Simangalam Kabupaten Labuhan Batu Utara

Fitriyani, Fitriyani (2023) Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS di Puskesmas Simangalam Kabupaten Labuhan Batu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian antara pelayanan kesehatan yang diberikan dengan kebutuhan pasien atau kesesuaian dengan ketentuan standar pelayanan.untuk itu seluruh masyarakat membutuhkan pelayanan yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Puskesmas merupakan pihak terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang diharapkanoleh masyarakat, terutama pelayanan untuk pasien peserta BPJS yang bersifat wajib bagi seluruh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS di Puskesmas Simangalam Kecamatan Kualuh Selatan. Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yaitu analisis univariat, analisis bivariate, analisa multivariate. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu pada variabel sumber daya (p-value=0,00 (p<0,05) yang artinya ada hubungan ketersediaan sumber daya dengan mutu pelayanan kesehatan di wilayah puskesmas simagalam. keterjangkauan lokasi (p-value=0,00 (p<0,05) yang artinya ada hubungan keterjangkauan lokasi dengan mutu pelayanan kesehatan di wilayah puskesmas simagalam. Akses sosial (p-value=0,00 (p<0,05) yang artinya ada hubungan keterjangkauan lokasi dengan mutu pelayanan kesehatan di wilayah puskesmas simagalam. Perilaku petugas kesehatan (p- value=0,00 (p<0,05) yang artinya ada hubungan keterjangkauan lokasi dengan mutu pelayanan kesehatan di wilayah puskesmas simagalam. Saran dari hasil penelitian ini adalah diharapkan kepada BPJS Kesehatan agar tidak bosan- bosannya memberikan sosialisasi atau informasi terkait kewajiban peserta BPJS, selalu mengingatkan kepada setiap peserta baik via online atau pemberitahuan langsung ketika hendak mendekati jadwal pembayaran iuran kesehatan, kepada pemerintah untuk selalu memantau kebijakan serta kegiatan yang dilaksanakan BPJS Kesehatan hingga mendapat kepercayaan dan kenyamanan dari masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BPJS Participants, Health Service Quality
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:28
Last Modified: 14 Apr 2023 04:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18813

Actions (login required)

View Item View Item