Siregar, Adlan Lufti (2022) Metode pendidikan dalam Surah Al Mujadalah. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER DAN SEBAGAINYA.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
DAPUS DAN LAIN LAIN_compressed.pdf Download (989kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan dalam surah Al Mujadalah dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Metode pendidikan merupakan cara yang teratur atau yang telah dipikirkan secara mendalam untuk dipergunakan dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Penelitian yang peneliti lakukan ini termasuk penelitian kualitatif dan saat mengumpulkan datanya menggunakan metode tahlili. Data ini akan disajikan dalam bentuk deskriptif berupa kalimat-kalimat. Data pada penelitian ini akan dikumpulkan dan dianalisis. Dari hasil penelitian ini ditemukan lima metode pendidikan dalam surah Al Mujadalah, di mana metode pendidikan ini dapat digunakan oleh pendidik, yaitu Metode Kisah terdapat dalam surah Al Mujadalah ayat 1, Para pendidik semestinya mengutamakan kisah-kisah yang memberi tauladan kepada peserta didik. Kemudian Metode Tadabbur Alam yang ada surah Al Mujadalah ayat 7. Metode ini juga baik untuk pertumbuhan mental dan keberanian peserta didik, sekaligus meningkatkan rasa hati-hati dan waspada terhadap alam sekitarnya. Kemudian Metode Dialog dan Tanya Jawab yang dijelaskan dalam surah Al Mujadalah ayat 1, 8, 13, dan 14. Metode dioalog pada ayat ini merupakan dialog dua arah antara Rasulullah dengan sahabat. Metode ini pendidik dituntut untuk bersikap sabar ketika menghadapi pertanyaan peserta didik, dan memeberikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Kemudian Metode penghargaan (reward) dan Ancaman (Punishment) yang terdapat dalam surah Al Mujadalah ayat 4, 5, 15, dan 16., pendidik berhak memberikan ancaman atau hukuman kepada peserta didik agar peserta didik jera. Dengan demikian proses pembelajaran berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Penerapan metode-metode pendidikan di atas tidak cukup diterapkan begitu saja, namun harus dilakukan adaptasi dan modifikasi sesuai perkembangan zaman. Adapun metode pendidikan yang ada dalam surah Mujadalah sangat relevan dengan pendidikan Islam terutama pada masa modern.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 03:43 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 03:43 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18220 |
Actions (login required)
View Item |